Jumat, 11 Juni 2010

Benkyo no Nihongo ( belajar bahasa jepang )

"Benkyo no Nihongo ( belajar bahasa jepang )"

Ohayou Gozaimasu = selamat pagi

hajimemashite = perkenalkan

watashi = saya ( formal )

anata = kamu ( formal )

douzo yoroshiku = salam kenal

onegaishimasu = saya mohon / please

anata wa ikaga desu ka? = apakah anda baik-baik saja ?

okage-sama de, genki desu = berkat tuhan ( alhamdulillah ), sehat

doumo arigatou gozaimasu = terima kasih banyak

arigatou gozaimasu = terima kasih ( formal )

arigatou = terima kasih ( informal )

mata auhi made / mata ato de = sampai ketemu lagi

to moshimasu = biasa dipanggil
contohnya : watashi wa MINO to moshimasu = saya biasa dipanggil MINO

o hisashiburi desu ne ? = lama tak jumpa

konnichiwa = selamat siang

konbanwa = selamat malam

o yasuminasai = selamat tidur

iie, doo itashimashite = tidak apa-apa, terima kasih kembali

sumimasen = maaf / permisi

shitsurei shimasu : maaf / permisi ( lampau )

gomenasai = maafkan saya

o genki desu ka ? = apa kabar ?

hai' , genki desu / o kagesama de, genki desu = ya, sehat / baik / alhamdulillah, sehat

maa maa desu = lumayan

chotto matte kudasai = tunggu sebentar

daijoubu = tidak apa apa

atama ga ittai desu = ( aku ) sakit kepala

kaze wa hikimashita = ( aku ) masuk angin

sore wa ikimasen ne = itu tidak boleh

( douzo ) o daiji ni = jaga diri anda

kyoo wa atsuii desu ne = hari ini panas ya ?

kyoo wa samuii desu ne = hari ini dingin ya ?

ii o tenki desu ne = cuacanya baik ya ?

itadakimasu = selamat makan ( jgn lupa baca bismillah dulu sebelum mengatakan ini )

irasshaimase = selamat datang ( biasanya diucapkan oleh pelayan toko )

tadaima = saya datang

douzo = silahkan

hontou ni ? = sungguh ?

moshi - moshi = halo

soo desu = oh begitu

go shokai shimasu = saya kenalin nih

mata arimashoo / ja mata ne = sampai ketemu lagi

gochisoo sama = terima kasih hidangannya

itte mairimasu = selamat jalan

itte irasshai = selamat jalan ( jawaban )

mata ashita = sampai ketemu besok

mata raishuu = sampai ketemu minggu depan

mata rainen = sampai ketemu tahun depan

oro ? = hah ?/ aha ! ( ungkapan yg digunakan ketika menyadari kehadiran seseorang / menemukan suatu benda dan digunakan biasanya oleh perempuan )

kitte kudasai = tolong dengarkan

kaite kudasai = tolong tulis

yonde kudasai = tolong baca

akete kudasai = tolong buka ( buku )

itte kudasai = tolong ucapkan

mite kudasai = tolong lihat

suwatte kudasai = tolong duduk

tatte kudasai = tolong berdiri

kite kudasai = tolong kesini sebentar

ojigi = membungkukan badan dalam adab jepang ( tp kita Islam tidak perlu )

okaerinasai = selamat datang ( menyambut org datang ke rumah )

minna san = ( memohon perhatian publik )

nagai koto o-jama itashimashita = terima kasih atas waktunya

watashi indonesian desu = saya orang indonesia

Indonesia kara kimashita : saya berasal dari indonesia

doko kara kimashita ka?: dari mana asalmu?

nani ga hoshii no desuka? : Apa yang sedang kamu lakukan?

o-tesuu kakete sumimasen : maaf merepotkan anda

totemo shiawase desu : saya sangat bahagia

watashi no kobutsu wa chokoreeto desu : makanan kesukaan saya coklat

Maiban hoshi o kansatsu shite imasu : Setiap malam saya mengamati bintang-bintang

Yoroshiku onegaishimasu : mohon bimbingannya” / “mohon bantuannya

Youkoso! : “Selamat datang!”

Zannen desu : “sayang sekali” / “amat disayangkan”

Dame / Dame desu yo : “jangan” / “sebaiknya jangan”

Suteki desu ne : “Bagus ya…” / “indah ya…”

Sugoi! / Sugoi desu yo! : “Hebat!”

Chotto yukkuri itte kudasai : “Tolong ucapkan lagi dengan lebih lambat.”

Mou ichido itte kudasai. : “Tolong ucapkan sekali lagi.”

Motto hakkiri itte kudasai. : “Tolong ucapkan dengan lebih jelas.”

Kimochi…! : nyaman (perasaan nyaman di suatu tempat)



maaf segitu dulu yg mino catet :D.. ganbatte ( semangat ) ! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar